Saturday 1 September 2018

[Review] Novel Ini Serius? by Julie Hasjiem


Judul:  Ini Serius?
Penulis: Julie Hasjiem
Penerbit: Romancious
Tebal: 346
Cetakan Pertama 2017

Jadi pemain cadangan pas main bola? Sudah biasa! Tapi kalau jadi pemain cadangan buat gantiin  kakak lo nikah, sanggup ga??

Kalaupun ditanya begitu, aku pun ga sanggup. Apalagi, jarang “dianggap” oleh orang rumah, termasuk Papa dan Mama. Pulang pagi habis nonton konser pun, ga akan mereka cari. Apalagi khawatir tentangku. Mustahil.

Ini Serius? Menceritakan tentang wanita karir bernama Happy yang tidak pernah dianggap sama keluarganya. Namun bagi Happy menjadi hal yang menyenangkan karena dia tidka perlu melapor kalau dia telat pulang ataupun bahkan tidak pulang. Namun kejadian hebat membuat hidup Happy yang Happy jadi tidak Happy lagi. Hari pertunangan dengan pacarnya semakin dekat namun kakak Happy justru pergi entah kemana. Masalahnya mereka bukan satu minggu 2 bulan baru pacaran tetapi sudah bertahun-tahun kakaknya pacaran dengan calonnya. 

Keluarga Happy geram karena pernikahan kakaknya dengan keluarga Elang harus terlaksana untuk menjadi pengikat bersatunya 2 perusahaan keluarga masing-masing. Happy seperti diujung jurang, dia tidak mau menikah hanya untuk menggantikan kakaknya bahkan dengan seseorang yang dia tidak cintai. Happy berusaha keras menolak tetapi Ayahnya membujuk agar melaksanakan pernikahan tersebut. Apalagi Eyang Happy yang memang tidak suka dengan Happy yang seharusnya menaruh harapan terakhir pada Happy pun meminta Happy menikah dengan terpaksa. Sejujurnya Happy tidak setuju namun karena dia merasa kasihan kepada Ayahnya yang akan menjadi bulan-bulanan Eyangnya pun mau tidak mau menyetujuinya.

Elang sosok lelaki yang seharusnya menikah dengan kakak Happy sebenarnya bukanlah orang asing. Mereka sudah saling kenal sejak kecil, Happy pun merasa Elang jijik kalau harus dipaksa menikah dengannya. Bagaimana tidak Alya yaitu kakaknya mempunya paras yang cantik dan juga pintar beda jauh dengan Happy yang jelek (yaaah segitu pesimisnya Happy pada dirinya sendiri). Elang bukannya mau begitu saja menikah dengan Happy tetapi Elang merasa itu satu-satunya cara agar kedua keluarga tidak bermusuhan. Alya sudah merusak segalanya tidak mungkin dia ikut-ikutan Alya dengan tidak mau menikahi Happy.

Akhirnya masa lajang Happy pun berakhir dan begitu juga ini pertama kalinya Happy berpasangan namun tidak dengan orang yang cintai. Sebenarnya Happy  suka sama Bowo yaitu sahabatnya sendiri tetapi Bowo malah suka sama Desti. Padahal Desti sudah punya pacar yang akan segera menikahinya.

Kehidupan baru bagi Happy menikah dengan Elang. Elang yang rupawan pun menerima Happy dengan terbuka. Elang memberitahu alasannya mau menikah dengan Happy. Elang bilang kalau dia anak pertama Mamanya dengan Papanya sementara kedua kakaknya itu kakak tirinya. Elang menjelaskan kalau dia tidak ingin membuat kecewa Mamanya. Meskipun Happy mengerti maksud Elang tapi dia masih tidak terima kalau harus menikah paksa dengan Elang. Selain itu Mama Elang tidak suka dengan Happy dan lebih suka dengan Alya.

Elang pun tahu kalau Mamanya masih belum menerima Happy sepenuhnya. Happy terpaksa harus mengikuti suaminya untuk tinggal dengan mertua yang tidak menyukainya. Namun, Elang pun pengertian tidak lama kemudian mereka pindah ke apartemen Elang yang baru saja selesai direnovasi. Mungkin Happy memang terpaksa menjalani pernikahan tersebut tetapi dia melakukan tugasnya sebagai istri yang baik missal menyiapkan makanan, mengambil minuman. 

Dan seperti yang biasa terjadi Cinta datang karena terbiasa dan dibiasakan bersama

Seperti halnya Happy dan Elang

Meskipun Happy masih menolak untuk mencoba hubungan dengan Elang tapi Elang tetap sabar menunggu Happy. Selama berbulan-bulang tinggal berdua dengan Elang, Happy masih tidur terpisah dan tidak melakukan hubungan layaknya suami istri. Namun benih-benih cinta mulai tumbuh diantara mereka. Happy merasakan perhatian Elang yang rela nungguin dia pulang kerja ataupun Happy yang akan melayani ketika Elang sudah bilang “aku lapar” segera Happy memesan makanan. 

Elang mengatakan kalau ingin Happy membuka hatinya untuknya dan mencoba slaing mengenal. Karena bagi Elang meskipun pernikahan mereka terpaksa tetapi pernikahan mereka bukan main-main. Yaah maksud Elang sih ngapain kalau hanya status menikah saja kenapa tidak mencoba untuk menjalani rumah tangga beneran. Awalnya Happy tidak setuju karena dia takut kalau Happy sudah jatuh kepada Elang kemudian Alya datang kembali gimana. Happy masih merasa kalau dirinya itu adalah pengganti Alya yang kapan saja Alya bisa balik lagi.

Elang pun sempat geram karena Happy selalu membahas Alya. Mungkin Elang memang cinta sama Alya tapi dia tidak bodoh dengan mengejarnya. Happy yang mendengar penjelasan Elang pun akhirnya menyetujui untuk memulai hubungan mereka. Mereka pun tidak pisah kamar lagi dan tidur berdua.

Singkatnya Happy dan Elang sudah saling menerima satu sama lain. Namun masalah datang dengan seluruh saham perusahaan dikuasai orang asing yang bukan dari keluarga. Nah pada akhinrya satu persatu petinggi GG Cargo dan AHA Expres terjerat hokum begitu pun dengan Elang. Happy sangat kesal karena dia tahu kalau Elang tidak mungkin melakukan korupsi.  Happy memohon kepada Mirza yang sekarang menjadi Direktur untuk mmebebaskan Elang karena Happy tahu Elang bukan orang yang akan melakukan tindakan kotor seperti itu. Akhirnya Elang dibebaskan karena dinyatakan tidak bersalah berbeda dengan Ayah, Eyang, Ayah mertuanya bahkan Ddenis masih dipenjara.

Setelah kejadian tersebut diketahui bahwa Mirza memang sudah merencanakannya sejak awal untuk menghancurkan GG Cargo dan AHA Ekspres. Akhirnya Happy tahu bahwa keluarganya selama ini bukanlah keluarga kandung dia kecuali Ayah Happy yang memang Ayah kandung Happy. Happy mempunyai seorang Ibu yang merupakan pemain piano namun sekarang terkena gangguan jiwa. Bibi Ami yang selama ini merawat Happy menceritakan segalanya mulai dari keluarga Eyang Kung yang ternyata dengan licik merebut seluruh harta Mama dengan menikahi Mama yang kemudian lahir aku tapi meninggalkan Mama begitu saja. Yang mana Mama dan Papa Elang pun berkontribusi atas tindakan Eyang Kung

Happy menceritakan semuanya kepada Elang, Elang yang mendengarkan pun merasa bersalah dan berjanji tidak akan menyakiti Happy. Happy membawa Elang ke rumah Ibunya dan mengenalkan Idan yang ternyata adalah saudara Happy. Kala itu Happy sedang mengandung anak pertama Elang. Elang dan Happy sangat suka music klasik begitu di rumah Mama kandung Happy mereka suka memainkan piano dan biola bersama.
Namun kebahagian mereka terancam dengan kedatangan Alya yang tadinya sudah menghilang lalu balik lagi. Alya berusaha untuk mengambil hati dengan cara kotor. Happy mengalami keguguran karena amukan Mama-nya yang tidak terkendali. Namun Elang dengan sabar menunggu dan menemani Happy sampai dia siap menerima keadaannya.

Alya datang dengan keadaan perut buncit, iya dia mengandung.

Happy kaget dengan kemunculan Alya sampai membuatnya terbakar cemburu dan marah pada Elang. Elang yang  waktu itu ada kerjaan di Bali mengalami kecelakaan. Sedihnya lagi dia tidak tahu keberadaan Elang karena sudah dibawa Alya dan Mama Elang ke Jakarta dan entah dimana. Happy mengerahkan segala kekuatan untuk menemukan keberadaan Elang. Hingga akhirnya dia tahu tempat dimana berada, Happy pergi bersama Mirza. Happy memasuki rumah yang terlihat sepi kemudian dia melihat Elang yang terbaring lemas di tengah ruangan. Happy mendekati Elang yang kemudian Alya keluar dengan perut buncitnya bersama seorang laki-laki yang dia kenal yaitu sahabat terbaiknya….iya Bowo
.
Happy tidak bisa berkata lagi dan lebih memikirkan Elang untuk segera dibawa ke rumah sakit. Mirza sudah menelepon polisi sebelum datang kesini. Elang yang sedang dirawat pun perlahan tersadar, Elang meminta maaf karena sudah menyusahkan Happy. 

Okeeee….sudah segitu aja ini review apa synopsis sih yaaakk hahahahahahahahahaa…..abis gimana dong aku ga bisa  kalau ga cerita semuanya. Aku ga tega bikin yang baca penasaran hahahahahhaa
OH ya kalau kalian pengen baca Ekstra partnya harus beli bukunya yaaak karena Cuma ada di buku cetaknya.

Ini serius? Adalah karya pertama yang aku baca dari Julie Hasjiem dan itupun tidak sengaja aku dapatkan bukunya dari acara beli 2 buku gratis 1. Awalnya aku rada ragu untuk membaca buku ini, pertama karena memang ga kenal sama penulisnya kedua melihat judulnya bakalan berat yaitu tentang pernikahan. Kemudian bacaan semakin menipis sehingga tidak sengaja aku membuka halaman pertama dan tidak terasa aku menyelesaikan sampai terakhir.

Nah awalnya aku rada underestimate sama novel wattpad (maafkan jangan digebukin yak). Yang memang lama banget ga buka wattpad lagi. Karena Mas Elang nih aku jadi kecanduan wattpad -____-

Aku suka sama jalan cerita tapi aku rada tidak suka sama eksekusinya sih

Kenapa tidak disinggung perasaan Elang ataupu Alya?

Yah meskipun aku tahu salah alasannya tapi  kadang suka aneh aja kalau pacaran bertahun-tahun tapi kayak nothing banget gitu ga sih. Aku heran ada gitu orang-orang kayak gini??? 12 tahun pacaran tapi kosong gitu aja. Akan kira klimaksnya bakal ada goyahan hati Elang Alya gitu apalagi Happy belum menceritakan soal perasaannya pada Bowo pada Elang. Nah yang plot twist sih aku justru suka Bowo yang merupakan teman curhat yang diakui Happy sahabat terbaiknya tempat dia curhat tapi menusuk dia begitu saja.

Tapi terima kasih mbak Julie sudah mengenalkan mas Elang yang suaaabaaaar bangeeeet ngadepin Happy. Mas Elang adalah alasanku baca wattpad lagi


No comments:

Post a Comment