Thursday 6 September 2018

[Review] Novel Friendzone: Lempar Kode Sembunyi Hati by Alnira





Judul : Friendzone: Lempar Kode Sembunyi Hati
Penulis:  Alnira
Penerbir: Grasindo
Hal: 299
Cetakan Pertama 2018


BLURB
“Pokoknya kita berlima jadi sahabat selamanyaga boleh ada yang jatuh cinta satu sama lain. Oke?”
“aku gatau rahasia jodoh. Tapi aku juga gamau merusak persahabatan kita. Jadi aku gatau gimana, aku ga bisa nebak masa depan”
“Menurut kamu gimana, kalau ada orang yang naksir sahabatnya sendiri?”


Friendzone?? Apa yang kamu pikirkan tentang friendzone?? Menyakitkan? Ngenes? Kasihan sekali??? Hahahha segala kata berpenyakit yang tersirat.
Begitu juga novel ini mengisahkan 5 sahabat yang berjanji untuk tidak saling jatuh cinta tapi waktu menggerus janji itu dengan membuat mereka jatuh cinta satu sama lain. Kisah Dira dan para sahabatnya sejak sekolah, mereka perikir untuk tidak jatuh cinta namun ternyata sebaliknya.

Karena beberapa tahun kemudian setelah perjanjianitu dibuat, tiga diantara kami melanggarnya.
Wisnu mencintai Maya….
Maya mencintai Angga…
Dan aku…
Mencintai dia…..

Dira bekerja di sebuah perusahaan asuransi sebagai financial advisor atau FA. Dira sudah bekerja terlebih dahulu daripadake empat lainnya. Ketika Maya, Wisnu, Angga dan Ransi berkelut dengan dunia pendidikan. Dira sudah mulai bekerja untuk membiayai hidupnya. Maklum Dira tidak ingin merepotkan kedua orang tuanya apalagi setelah Ayahnya meninggal dia ingin membiayai kuliahnya sendiri. Sehingga Dira sudah banyak mengalami pahit getirnya sunia kerja sampai akhirnya dia mendapatkan posisi dengan gaji yang lumayan sekarang.

Angga sudah mempunyai pacar yang dulunya adalah cewek yang dia anggap sombong. Eeh taunya mereka malah pacarann. Sementara Wisnu masih kuliah seperti Dira untuk menyelesaikan SI mereka. Maya sedang mencari pekerjaan setelah lulus SI, sebenarnya Maya ingin menjadi guru tetapi setelah mempertimbangkan gajinya yang kecil dia mengurungkan niatnya. Sedangkan Ransi setelah kuliah ingin menjadi guru itu sudah menjadi cita-citanya sejak dulu. Sebenarnya Dira juga bercita-cita menjadi guru tetapi karena harus bekerja dan sudah nyaman dengan kerjaan Dira sekarang, dia mengurungkan niatnya untuk menjadi pendidik.

Wisnu menyukai Maya, sebenarnya Maya pernah punya pacara tapi akhirnya putus. Wisnu juga pernah bilang suka sama Maya tapi Maya jelas dengan halus tidak bisa menerima perasaan Wisnu. Sementara Maya mulai menyukai Angga yang sudah pacar. Sedangkan Dira dalam diamnya selalu mencintai Ransi dan entah sampai kapan Ransi akan tahu.

Nah Ransi init uh suka bikin kode-kode ga jelaaaaassss. Waktu nonton minta disuapin makanan, makanan sudah habis jilatin tangan Dira yang Cuma ada bumbu makanan bahkan jemput Dira pulang kantor yang mana tempatnya dan kantor Dira sangat jauh.

Dira memutus perasaannya ketika Ransi bilang kalau tidak mungkin suka sama Dira. Setelah itu Dira punya pacar yang membuat Ransi mejaduh dari Dira selama pacaran. Namun Ransi pun juga dekat seorang cewek yang membuat Dira menjauh.
Setelah aksi jauh-jauhan dan udah lepas dari pasangan masing-masing mereka sering kumpul lagi.

“iya, sekarang lagi nabung. Kalau dua tahun lagi umur kamu berapa, Dir?”
“Dua tujuh” jawabku
“Aku dua delapan, pas lah ya”
“Apa?”

Nah Ransi itu cowok dengan ego tinggi
Di lulus kuliah tapi tidak mau menerima tawaran ngajar di tempat om-nya, dia memilih untuk mecari sekolah lain daripada mendapatkan pekerjaan dengan cara KKN.

Setelah Ransi mantap dengan pekerjaannya dia kembali dekat dengan Dira. Namun kedekatan itu membuat Dira bingung karena tidak ada kepastian dihubungan mereka. Mereka jalan, makan, nonton dan melakukan kegiatan lainnya layaknya sepasang kekasih tapi tidak ada ikatan apa-apa.

Hingga akhirnya Dira sudah muak dengan ketidakpastian hubungan mereka. Lalu Dira mengetahui kalau selama ini Ransi merasa minder dengan gaji Dira yang jauh lenih besar dari Ransi. 

Akhirnya mereka baikan lagi dan Ransi pun melamar Dira tapi ada satu rahasia yang belum Dira kasih tahu kepada Ransi. Dira akan menceritakannya ketika Dira dilamar oleh calon suaminya. Tidak lama kemudian Dira mengirimkan email kepada Ransi tentang rahasianya selama ini tetapi setelah Dira mengirim email tersebut, Ransi tidak ada kabar lagi.

Jadi apakah rahasia Dira?? Kalian bisa baca sendiri dibukunya hehehe

“emang kamu cari yang gimana?” tanyaku
Ransi diam sejenak sebelum menjawab “ Yang bisa negrti aku. Kamu tahu kan menurut ornag aku ini aneh. Jadi istriku nanti harus orang yang sabar menghadapi keanehan aku. Dan satu lagi, aku nggak masalah sama wanita karier” ucapnya
“Oh, kalau aki sih, kalau udah nikah nanti nggak mau kerja lagi” kata cuek
“Oh, aku juga nggak masalah sama ibu rumah tangga”

Ini buku pertama yang aku baca dari kak AL
Awalnya aku disarani temen buat baca nah karena aku telat bacanya mau gamau aku harus beli bukunya karena sudah dihapus di wattpad. Saking penasarannya setelah baca sekilas di wattpad besoknya aku langsung ke Gramedia buat beli hahahahhha. Aku suka covernya girly banget meskipun bukan gayaku banget hahahha warna pink.

Setelah baca karya Kak AL ini aku langsung ketagihan karya dia selanjutnya looh. Karena menurutku gaya penulisannya gampang dimengerti dan ga muter-muter. Aku suka dengan ceritanya yang tidak terlalu banyak karakter tapi padet ceritanya. Jadi pas baca kayak bayangin lagi nonton film.

“Dir, aku kemarin nemenin temen kantorku nanya-nanya gedung sama paket pernikahan gitu”
Aku memandangnya sekilas “Hm, terus?”
“Yang paling murah delapan puluh juta, Dir”
“Emang kamu mau banget nikah di gedung? Pakai halaman depan rumahku aja tuh gede”
“Iya ya, jadi kamu nggak jauh jalannya”
Untuk kode-kodenya Ransi init uh emang kudu banget kursus sama dia hahahha
Gila aja sih yaaa…..dia gantungin enggak tapi bikin baper
Jangan Dira aku yang baca aja gemes banget
Kalau kata Kak AL sih bikin pipi capek karena senyum-senyum mulu ckckckc

Aku baca kalau buku ini masuk di jajaran penjualan buku terbaik
Berarti banyak juga nih yang kejebak Friendzone hehehehhe


No comments:

Post a Comment