Monday 5 November 2018

[Review] Novel Strange Marriage karya Liarasati



Judul: Strange Marriage
Penulis: Liarasati
Penerbit: kubusmedia
Hal:  330 halaman
Cetakan pertama 2018

BLURB

Jelita Adelia dan Abi Sutowo pernah saling mengenal. Meski di ingatan Abi, Lita tak lebih dari cewek tengil, jahil, biang rusuh yang selalu merusak harinya. Abi bahkan menyebutnya dengan sebutan khusus, setan cilik!

Bertahun-tahun berlalu situasi memaksa Abi untuk bertemu kembali dengan Lita. Namun, kali ini bukan sekedar pertemuan lalu biasa. Pertemuan mereka terjadi di hari akad pernikahan. Ya, Abi dan Lita saling bersanding dengan status sah sebagai suami dan istri.

Apa yang membuat Abi menerima Lita sebagai pendamping hidupnya?

Dan apapula yang akan terjadi di kehidupan pernikahan mereka selanjutnya?


Cerita ini bearawal dari ide gila Wahyu yaitu Kakak Jelita yang memohon Abi sahabatnya sendiri untuk menikahi adiknya. Jelita atau Lita rencananya akan menikah dengan kekasihnya tetapi kekasihnya malah pergi dan membatalkan pernikahan yang sudah di depan mata. 

Lita depesri dan tidak mau makan karena pernikahannya terancam gagal ketika segala persiapan sudah siap.
Wahyu sang kakak berinisiatif meminta bantuan Abi untuk menikahi adiknya. Bukan hanya tidak ingin keluarganya malu tapi juga tidak mau melihat adiknya bersedih terus. Abi jelas menolak belum lagi sejak kecil hubungannya dengan Lita tidak terlalu baik.

Lita adalah tipe cewek urakan dan barbar gitulah hahahah. Jadi ceritanya Abi tuh dulu masih cupu gituloh trus sering dibully sama Lita wkwkwkwk. Abi harus menikahi cewek jelek kayak Lita yang dulu membullynya tetnu saja Abi menolak. Tetapi Wahyu tidak mau kalah juga dan terus memohon Abi untuk menerima pernikahannya dengan Lita saja. Wahyu tahu kalau Abi juga didesak segera menikah kedua orang tuanya yang berada di kampong.

Suatu hari ketika Abi sedang pusing dengan permintaan Wahyu, Ibunya menelepon dan akan mencarikan jodoh untuk Abi. Tentu saja Abi tidak mau apalagi dia tidak mengenal perempuan itu, hingga akhirnya mulut Abi mengatakan kalau dia sudah punya calon istri.

Singkat cerita pernikahan pun terjadi

Setelah ijab Kabul, Abi melihat Lita dengan balutan kebaya dan make up

Abi terpesona karena Lita sangat berbeda, dia jauh lebih cantilk. Kalau dulu dulu Lita gendut dan jelek sekarang Lita kurus dan semakin cantik. Meskipun pernikahan tanpa cinta dan penuh keterpakasaan itu  terjadi namun Abi tidak main-main dengan rumah tangganya.

Abi membagi tugas dengan Lita untuk mengurus kegiatan rumah. Lita? Tentu saja dia mana peduli dengan urusan rumah tangga yang penting dia sudah menikah.

Lita masih menjalani koas di salah satu rumah sakit. Meskipun Abi sudah menghasilkan uang hasil kerja kerasnya. Abi merasa Lita belum mampu mengurus keuangan rumah tangga mereka jadi setiap hari Abi memberikan uang saku untuk Lita. Tentu saja Lita menggerutu karena uang yang diberikan Abi dirasa tidak cukup.

Berkali-kali Lita membuat masalah yang membuat Abi geram dengan tingkah laku Lita. Sampai suatu hari ketika Lita bermasalah dengan Vanessa yang membawanya sampai ke kantor polisi. Vanessa adalah mantan pacar Doni. Iyap, Vanessa adalah orang ketiga yang menyebabkan Lita dan Abi gagal menikah.

Doni kembali 

Dia ingin kembali kepada Lita karena Doni merasa hubungannya dengan Vanessa tidak berjalan lancer. Tentu saja Lita tidak mau karena dia sudah memilih Abi.

Iya!!! Tidak sengaja Abi melihat kertas yang bertuliskan “Abi aku cinta kamu” di kamar Lita.

Kehadiran Doni membuat malam petaka bagi Lita. Doni sempat melakukan pelecehan seksual pada Lita meskipun akhirnya Abi datang menyelematkannya.

Hari berganti hari kehidupan Lita dan Abi semakin dekat

Hingga suatu hari Abi mengeluh karena ketika hubungannya lagi baik-baiknya dengan Lita dia harus menjalankan training di Jerman selama 6 bulan.

Karena itulah Lita jadi gundah gulana antara ingin abi tetap Stay atau mengizinkan Abi pergi ke Jerman.
Apakah Lita merelakan Abi??? atau mengubur cita-citanya menjadi Dokter??

Review:
Sebenarnya aku sudah sering banget sih baca novel yang tema-nya “perjodohan” begini. Aku senang aja karena mayoritas membuktikan kalau “witing tresno jalaran soko kulino”.
Sejujurnya kenapa aku senang dengan tema perjodohan adalah karena aku juga percaya kalau cinta itu datang karena terbiasa.
Nah yang belum aku ulas itu adalah EKO. Iya, EKO!
Dia itu teman koas-nya Lita trus ya dia tuh ga banyak dialog cuma diceritakan aja gituloh tapi itu yang bikin dia hidup dicerita. Menurutku EKO adalah ikon-nya novelnya, aku jarang sih dapat karakter yang ikonic gini. Maksudku gimana dia tuh ga berperan penting tapi penting. Missal nih dia ditanyain tapi dia juga ga member jawaban yang lugas gituloh. Tadinya aku mikir karakter EKO tuh bakal jadi orang ketiga atau orang yang bakal naksir Lita tapi ternyata aku salah. EKO jauh lebih baik dari sekedar peran ketiga hahahaha.
ABI!!! Aku senang banget sama dia karakternya penyabar gituloh. Mungkin emang dasarnya aku tuh butuh orang yang sabar jadi kalau dapat karakter sabar gini tuh langsung jatuh cinta heheheheh
Overall aku senang sih sama bacaan ini hehehehehe

No comments:

Post a Comment