Saturday 8 December 2018

[REVIEW] Novel BLACK karya Ruth Priscilia Angelina




Judul: Black
Penulis: Ruth Priscilia Angelina
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2017
ISBN: 978-602-03-4603-8

BLURB
Bagi Inka, menerima lamaran Chesta—tetangga masa kecil yang selalu member komentar pedas untuk pakain serbahitam yang dia kenakan-hanyalah tiket untuk meninggalkan mimpi buruk akan hancurnya sebuah keluarga.
Namun, Inka tak menyangka Chesta membawa kenangan-kenangan indah dari  masa lalu yang dia tahu takkan terulang lagi. Pemuda itu membuatnya marah sekaligus bahagia, memberi harapan-harapan baru di harinya yang sedih. Chesta membuat Inka kembali jatuh cinta.
Akan tetapi, apakah menerima lamaran itu memberikan kehidupan yang Inka mau? Atau dia memang harus menerima kenyataan bahwa tidak  luka bisa disembuhkan, bahwa Chesta mungkin takkan pernha membalas lersaaannya  dan bahwa cinta  mungkin  tak  bisa menyelamatkan dirinya.


A.    Karakter

  1. Inka, meneruskan kuliah di luar negeri untuk melupakan kesedihan. Kedua orang tua Inka bercerai dan Inka merasa dia ikut andil atas perceraian tersebut.
  2. Chesta, senior Inka yang kebetulan satu klub dengannya. Chesta adalah sosok sempurna dan pintar. Namun, dibalik sikapnya sama halnya dengan Inka, Chesta juga menyimpan luka terhadap keluarganya.


B.     Review
Wuooooohhh….aku memang rajin baca sekarang tapi males review ckckckck
Jadi pengen review biar inget apa yang dibaca dan dipahami juga, ceilaaaah gaya banget deh.

Awalnya aku lihat judul init uh penasaran, wiiidihh judulnya kok menggambarkan aku banget niih. Trus makin aku baca-baca ternyata menyenangkan jugaa. Oh ya kalau kalian mau baca online bisa kok baca IPUSNAS.
Inka tidak bisa membenci Mama-nya tapi bagaimana kalau Inka juga kecewa dengan Mama-nya. Inka tahu akan perselingkuhan Mama-nya dan dengan teganya Inka menyembunyikannya dari Papa-nya. Inka sedih dan mengubur perasaannya sendiri melihat kedua orang tuanya bercerai.
Kemudian Inka memutuskan untuk meneruskan kuliahnya di luar negeri bersama sahabat kecilnya Sigi.

Di kampus Inka ikut kelompok Harry Potter clun gitu nah disana dia ketemu sama Chesta. Chesta tuh seniornya ka. Tapi Inka merasa familiar gitu sama wajahnya, ternyata tebakan Inka benar. Dia Chesta, tetangga masa kecilnya ketika di Indonesia. Tetapi Inka menghindari bertatapan muka dengan Chesta yang kebetulan Chesta juga buru-buru pamit pergi.

Pertemuan kedua mereka secara resmi adalah ketika Ezra teman clubnya mengajaknya makan bersama. Kebetulan mereka bertemu dengan Chesta sedang bersama pacarnya. Chesta dan Inka ini mah sudah lama ketemu tapi masih bisa bertengkar satu sama lain. Ya mungkin namanya juga jodoh kali yaaa ckckckkc

Trus, beberapa hari kemudian Chesta mengantar Inka yang pengen banget keliling kota.kemudian Chesta mengatakan kalau dia ingin menikahi Inka. Tentu saja membuat Inka terkejut kalau itu adalah permintaan terakhir Mama Chesta sebelum meninggal. Inka tidak tahu kalau Tante Carrissa sudah meninggal. Dalam surat wasiat terakhirnya Chesta mengatakan kalau Mama-nya menginginkan Chesta menikah di usia 29 tahun. Chesta juga sudah melamar pacarnya sebanyak 3x tetapi ditolak pacarnya tidak mau menikah.

Inka sangat menyayangi Tante Carrissa karena selama beliau menjadi tetangganya, Tante Carrisalah yang menjadi pelindungnya dengan kekacauan dalam keluarganya. Inka berusaha untuk memikirkan tawaran Chesta. Inka ingin kabur dari Indonesia dia tidak mau kembali lagi. Melihat Mama-nya menikah lagi?? Papa-nya tidak mau menemuinya?? Siapa yang dia harapkan lagi tidak ada kan?/

Akhirnya Inka menyetujui untuk menikah dengan syarta Chesta harus memberikannya kewarganegaraan Inggris dan membiayai hidupnya karena dia tidak ingin balik ke Indonesia.
Terdengar materialistis yaaa!!!!

Sigi dan Ella temannya pun menentang keputusan Inka tetapi memang dasarnya Inka keras kepala yaaa hahahahaha

Wiiiihhhh….jadi masih berstatus calon istri saja. Inka langsung dikenalkan dengan keluarga dan dibelikan rumah untuk tempat tinggal mereka. yak an kejar tayang hahahahha

Tapi ya gigtu kan hubungan Chesta dengan Papa-nya yang menikah lagi tidak akur. Inka sendiri juga kaget kalau Papa Chesta menikah lagi. Hubungan mereka berjalan dengan banyak skandal karena setelah putus  Chesta langsung pacaran dengan Inka. Yeee….mereka ga hanya menilkah cuuuyyy tapi mau menikaah hahahhaha

Ya namanya juga cinta yaaa
Datang karena terbiasa gitu loooh
Inka tuh lihat Chesta pergi bareng sama mantannya
Cemburu dong!!
Trus pulangnya Inka minta mobil, wageeelaaasssh cemburu aja minta mobil. Gilaaaaak!!!!
Dikasih kan yak sama Chesta. Dikendarain dah tuh eeeh masuk rumah Inka-nya. Ya gimana enggak dia ga bisa bawa mobil. OH MY GOD!! Cemburunya mahal amat neeeeng
Kemudian Inka mengatakan kalau sepertinya dia mencintai Chesta. Memang awalnya Chesta terkejut belum bisa menerima perasaan Inka tetapi dari tingkah lakunya kita tahu kalau Chesta juga mencintainya.

Kabar buruknya, Papa Inka meninggal dan Inka baru tahu 2 hari setelahnya.
Semua orang terutama keluarga Chesta menghibur Inka bahwa mereka akan menjadi keluarga Inka.
Inka memang tidak terima dengan perceraian kedua orang tuanya  dan tidak menerima Ibunya yang menikah lagi.
Tapi apakah keluarga Chesta akan selalu ada?? Inka bahkan tidak menjamin.
Inka hanya takut pernikahan. Melihat pernikahan Mama dan Papa-nya berakhir seperti itu tidak mejamin kebahagian.
Akhirnya Inka memutuskan untuk pulang ke Indonesia dengan memutuskan hubungannya dengan Chesta. Inka hanya merasa kalau Chesta tidak benar-benar mencintainya. Tanpa memberikan penjelasan Chesta menerima keputusan Inka. Waduuuuh Mass, kok ya cemen banget gini.

Selama di Indonesia, Sigi selalu menemani Inka. Sigi mengatakan kalau selama ini tidak bisa membalas perasaan Inka karena Sigi melihat Inka adalah cerminan dirinya sendiri. Sedangkan ketika Inka bersama Chesta, Inka seperti hidup berbeda meskipun kadang sering bertengkar. Inka mengerti maksud Sigi tapi dia tidak yakin Chesta mau menerimanya kembali.

Btw, Inka ini cewek yang suka banget pakaian warna hitam seperti judulnya. Mungkin berfilosofi kesedihan dan suram.

Gimana kelanjutan hubungan Inka dan Chesta?? Kalian bisa baca sendiri yaaa hehehehe

“Aku lebih tidak bisa memahami itu. Orang senang menyembunyikan kenyataan untuk keindahan sementara, tanpa sadar itu hanya persoalan waktu. Pada akhirnya realitas akan menghantam dan rasanya akan ribuan lebih sakit karena kau sudah mencicipu kebahagian sebelumnya” (Black, hlmn 158)

No comments:

Post a Comment