Thursday 22 November 2018

[Review] Novel GALAKSI karya Poppie Pertiwi




Judul: Galaksi
Penulis: Poppie Pertiwi
Penerbit: Coconuts Books
Hal: 492
ISBN: 978-602-5508-45-5



BLURB

Galaksi Aldebaran. Ketua Geng Ravispa. Geng paling gagah dan pemberani tempat berkumpulnya murid-murid nakal dan tukang berontak SMA Ganesha. Sering berselisih paham dengan Avegar, geng milik SMA Kencana.

Hadirnya Kejora Ayodhya di hidup Galaksi yang kelam menjadikan hari-hari Galaksi berubah menjadi penuh warna. Pertemuan antara pemimpin geng dengan perempuan Paskibra. Awal mula kedekatan yang terdengar sangat mustahil tapi begitu nyata. Hidup dengan dibeda-bedakan oleh orang tuanya membuat Galaksi mempunyai sifat keras termasuk pada cewek yang ia suka, Kejora. Ketika Kejora sadar kalau ia juga menyukai Galaksi, apa Galaksi masih mau menerimanya?
Masa putih abu-abu yang tak akan pernah terlupa.

A. Karater

  • Galaksi, Ketua Geng Ravispa. Galaksi adalah anak Broken Home. Seorang anak yang mendambakan kasih sayang orang tuanya. 
  • Kejora. Anggota Paskibraka cewek yang mampu meluluhlantahkan Galaksi hehehe. Kejora adalah siswa berprestasi dan siswa yang tidak neko-neko. 
  • Selain ada Galaksi dan Kejora, ada beberapa orang yang disekitar mereka. Orang-orang di sekitar Galaksi ada Bams. Ada Oji dan Nyong yang moodbosternya Ravispa. Ada Jordan yang Playboynya bukan main. Ada Guntur yang terjebak  cinta bertepuk sebelah tangan. Ada Septian yang pasti dia bakalan jadi pujaan pembaca deeeh, sueeer!!!! 
  • Selain itu ada teman-teman Kejora. Ada Lala yang bertahan dengan sikap playboynya Jordan. Ada Jihan yang ngejar-ngejar cintanya Septian dan ada juga Febbi yang ga mempan digombalin Nyong.

Nah kalau geng pastinya harus ada lawannya dong. Rival Ravispa adalah Geng Avegar yang diketua oleh Robert dari SMA Kencana.

B.     Review
Aku ga bakalan bikin sinospsisnya karena Blurbnya sudah menggambarkan garis besar cerita di buku ini.
Galaksi, murid SMA Ganesha yang bandeeeel banget merupakan ketua geng Ravispa. Geng paling tersohor di sekolahnya. Galaksi merupakan anak broken home. Serunya buku ini adalah karena kita ga perlu dibuat penasaran. Kenapa Galaksi jadi bandel? Kenapa Galaksi keras banget orangnya? Kenapa Galaksi jadi solid seperti itu sama gengnya?

Karena alasan broken home menurutku sudah cukup menjawab itu semua.
Bukan berarti Galaski salah disini yaaa

Tapi PILIHAN!!!

Galaksi yang merasa dikhianati kedua orang tuanya lebih memilih mencari keluarga baru dan itu dia temukan di Geng Ravispa. Galaksi bukan hanya anak brokenhome tapi juga anak yang merasa kurang kasih sayang. Galaksi selalu merasa kalah dengan Nova kakakknya. Berbeda dengan Galaksi yang urakan, Nova adalah sosok pribadi yang mampu membanggakan kedua orang tuanya. 

Geng Ravispa adalah keluarga bagi Galaksi

Hampir separuh halaman aku dibuat salut dengan sikap solidnya Galaksi meskipun aku tahu kadang sikap Galaksi berlebihan. Galaksi adalah orang nomor satu yang bakal bela temen-temennya. Dia akan melakukan apapun untuk membela teman-temannya.

Kemudian muncullah sosok Kejora. Cewek Paskib yang tidak disangka-sangka menjadi dalangnya perubahan Galaksi.  Mulai dari pertengkaran-pertengkaran kecil sampai sikap kasarnya Galaksi ke Kejora.

Galaksi selalu menggunakan emosi dan kekerasan dalam segala tindakannya. Sedangkan Kejora dia akan membela mati-matian apalagi mendapatkan ketidakadilan.

Kejora takut dengan Galaksi??

Tentu saja tidak, justru keberaniannya itulah yang menggantarkan Kejora mendekati Galaksi.

Hari demi hari mereka lalui dengan berbeda argument. Kejora yang merasa kegiatan berantem Galaksi tidak berguna atau sikap sok Galaksi yang memarahi adik kelasnya karena ngomongin Galaksi di belakang.

Tetapi entah kenapa Kejora peduli dengan itu semua??

Lalu kenapa Galaksi merasa nyaman dengan Kejora??

Perlahan hubungan mereka menjadi dekat

Galaksi mengajaknya ke rumah yang tidak sengaja membuat Kejora menonton pertengkaran dengan kedua orang tuanya yang sudah bercerai. Bahkan Galaksi membawa ke tempat yang Galaksi tidak pernah kasih tahu kepada teman-temannya.

Galaksi pun mengutarakan perasaannya kepada Kejora kalau dia sayang sama Kejora. Namun lain halnya dengan Kejora, dia merasa tidak yakin. Bukan hanya Galaksi tidak masuk criteria cowok idamannya tetapi bagaimana dengan teman-teman Galaksi atau Mona yang terang-terangan menyukai Galaksi.

Aku sedikit kesel juga sih sama Kejora kenapa dia gantungin Galaksi lama banget. Trus setelah mereka jadian pun Kejora kayak enggak peduli sama Galaksi. Seperti yang Mona pernah bilang kalau Kejora itu pacarnya Galaksi tapi gatau apa-apa soal Galaksi.

Beda dengan Galaksi yang mencari tahu tentang Kejora lewat Jordan dan Lala. Kejora?? Dia seolah tidak memperdulikan hal itu. 

Sampai suatu ketika Kejora pergi sama Abraham untuk membelikan keperluan anak Paskib tapi tidak memberitahu Galaksi. Tentu saja Galaksi kecewa dengan sikap Kejora yang tidak jujur.

Yaaah…namanya juga anak SMA yaa masih masa-masa-nya labil

Galaksi secara sepihak memutuskan hubungan dengan Kejora karena merasa kepercayaannya dikhianati. Aku kesel nih sama Galaksi, kukira dia bakal dewasa nanggepinnya tapi ternyata childish banget. Nah aku demen pas momen ini Kejora mati-matian minta maaf untuk menjelaskan kepada Galaksi bahwa itu tidak seperti yang dia pikirankan.

Trus dengan kekanak-kanakannya Galaksi malah jalan sama Wenda. Duuhh Gal, lo kalau bego kok ya kebangetan gitu sih.

Kandasnya hubungan Galaksi pun beruntun dengan kesehatan Papa-nya yang drop kemudian disusul bunuh diri Mama-nya.

Gilaaaakk….paaraaaah aku ga nyangka bakal ada yang mati…dan ini Mama-nya Galaksi.

Aku juga heran sih Papa dan Mama-nya bisa sayang dan perhatian secara terbuka sama Nova tapi sama Galaksi mereka cuek banget.

Bahkan sampai selesai baca pun aku masih ga bisa terima dengan alasan kedua orang tua Galaksi yang tidak peduli dengan Galaksi tapi care sama Nova kakaknya Galaksi. Masalah adalah mereka itu saudara kandung bukan saudara tiri.

Aku bisa merasakan gimana rasanya dibeda-bedakan, gimana berbagi kasih sayang tapi dia tidak ga mendapatkan kasih sayang itu dari orang tuanya. 

Yang membuat aku suka adalah sesuai tagline-nya Solidaritas Tanpa Batas. Aku bisa lihat gimana solidnya Galaksi sama teman-temannya. Tapi aku ga bisa melihat kesolidan teman-temanya kepada Galaksi kecuali Septian hahaa. Duh Septian emang ganteng pisan uy. Aku heran juga sih ini kan penulisnya cewek tapi sebagian besar ceritanya adalah soal Galaksi. Bahkan bagian Kejora aku melihatnya hanya “pasrah”. Apa yaaa, dia bagian Galaksi yang memang untuk Galaksi aja gitu ga punya porsi sendiri. Jadi Galaksi dan Kejora itu sepaket. Kejora tanpa Galaksi bukan apa-apa tapi Galaksi tanpa Kejora tetap Galaksi.

No comments:

Post a Comment